Fungsi, tugas, dan tanggung jawab Rukun Tetangga (RT) / Rukun Warga (RW)

Mungkin ada yang belum tahu fungsi, tugas, dan tanggung jawab dari perangkat RT/RW? Materi di bawah ini semoga bisa membantu bagi yang ingin tahu tentang fungsi, tugas, dan tanggung jawab adalah sebagai berikut

RT Mempunyai tugas :
a. Membantu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota;
b. Memelihara Kerukunan hidup warga;
c. Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas, RT mempunyai fungsi :
a. Pengkoordinasian antar warga;
b. Pelaksanaan dalam menjembatani hubungan antar sesama anggota masyarakat dengan Pemerintah Daerah;
c. Penanganan masalah-masalah kemasyarakatan yang dihadapi warga.

Sedangkan landasan dari Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan, sebenarnya apa saja fungsi, tugas, dan tanggung jawab dari perangkat RT/RW, berikut kutipan dari Peraturan Menteri Dalam Negri no. 5/2007 :

BAB I : KETENTUAN UMUM
Pasal 1
ayat (1)


Lembaga Kemasyarakatan atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitra Pemerintah Desa dan Lurah dalam memberdayakan masyarakat

ayat (3)

Kelurahan adalah wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kabupaten/kota dalam wilayah kerja kecamatan.

ayat (9)

Rukun Warga, untuk selanjutnya disingkat RW atau sebutan lainnya adalah bagian dari kerja lurah dan merupakan lembaga yang dibentuk melalui musyawarah pengurus RT di wilayah kerjanya yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa atau Lurah.

Ayat (10)

Rukun Tetangga, untuk selanjutnya disingkat RT atau sebutan lainnya adalah lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa atau Lurah

BAB IV : JENIS

Pasal 7
Jenis Lembaga Kemasyarakatan  terdiri dari ;

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa atau Kelurahan (LPMD/LPMK)
Lembaga Adat
Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan
Rukun Tetangga/Rukun Warga
Karang Taruna
Lembaga Kemasyarakatan Lainnya.

Pasal 14

RT/RW sebagaimana dimaksud dalam pasal 7 huruf (4) mempunyai tugas membantu pemerintah desa atau lurah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.

Pasal 15

RT/RW dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 14  mempunyai fungsi :

-Pendataan Kependudukan dan Pelayanan Administrasi Pemerintahan lainnya;
-Pemeliharaan Keamanan, Ketertiban dan Kerukunan Hidup Antar Warga;
-Pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat; dan
-Penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya.


BAB V : KEPENGURUSAN
Pasal 19


Pengurus Lembaga Kemasyarakatan terdiri dari:

Warga Negara Indonesia
Penduduk Setempat
Mempunyai Kemauan, Kemampuan dan Kepedulian; dan
Dipilih Secara Musyawarah dan Mufakat

Pasal 20
Ayat (1)


Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Terdiri Dari;

Ketua
Sekretaris
Bendahara; dan
Bidang-bidang sesuai kebutuhan
Ayat (2)
Pengurus Lembaga Kemasyarakatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak boleh merangkap jabatan pada lembaga kemasyarakatan lainnya dan bukan merupakan anggota salah satu partai politik

Ayat (4)

Masa bhakti pengurus Lembaga Kemasyarakatan di Kelurahan selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak pengangkatan dan dapat dipilih kembali untuk periode berikutnya

 BAB VI : HUBUNGAN KERJA
Pasal (22)

Ayat (1)


Hubungan kerja Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dengan kelurahan bersifat konsultatif dan koordinatif;

Ayat (2)

Hubungan kerja Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dengan Lembaga Kemasyarakatan lainnya di Kelurahan Bersifat Koordinatif dan Konsultatif

Ayat (3)

Hubungan kerja Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan dengan pihak ketiga di Kelurahan bersifat Kemitraan

 BAB VIII : PEMBINAAN

Pasal 23
Ayat (1)


Pemerintah dan Pemerintah Provinsi Wajib Membina Lembaga Kemasyarakatan

Ayat (2)

Pemerintah Kabupaten/Kota dan Camat Wajib Membina dan Mengawasi Lembaga Kemasyarakatan

Pasal 24

Pembinaan Pemerintah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (1) meliputi;

Memberikan pedoman dan standar pelaksanaan Lembaga Kemasyarakatan
Memberikan pedoman pendidikan dan pelatihan
Memberikan pedoman penyusunan perencanaan pembangunan partisipatif.
Memberikan bimbingan, supervisi dan konsultasi terhadap lembaga kemasyarakatan; dan
Memberikan penghargaan atas prestasi yang dilaksanakan Lembaga Kemasyarakatan


BAB VII : PENDANAAN
Pasal 29


Pendanaan Lembaga Kemasyarakat Kelurahan Bersumber dari ;

Swadaya Masyarakat
Bantuan dari Anggaran Pemerintah Kelurahan; dan
Bantuan dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota;
Bantuan Lain yang Sah dan Tidak mengikat.

Related Article you might see:

Share this product :

+ comments + 31 comments

February 8, 2015 at 12:02 PM

Apakah pengurus RT berhak mumungut biaya dari warga....untuk gaji rt dan jg pengurus2 rt yg lain....tanpa pemberitahuan warga....tiba2 saja sudah ada surat edarannya

February 8, 2015 at 12:03 PM

Mohon pejelasannya....
Terima kasih

February 8, 2015 at 12:08 PM

Mohon pejelasannya....
Terima kasih

February 8, 2015 at 12:08 PM

Apakah pengurus RT berhak mumungut biaya dari warga....untuk gaji rt dan jg pengurus2 rt yg lain....tanpa pemberitahuan warga....tiba2 saja sudah ada surat edarannya

Anonymous
February 17, 2015 at 1:18 AM

Rt;007

Anonymous
June 5, 2015 at 12:24 AM

RT / RW biasanya hanya sebagai "T T S" saja.. Alias si Tukang Tagih & Stempel saja

Anonymous
June 5, 2015 at 12:29 AM

Tukang Tagih iuran warganya & Tukang Stempel surat Pengantar.. Biasanya tidak lebih dari itu

June 25, 2015 at 1:23 PM

Org tua saya RT juga tapi tidak ada yg namanya pungutan ato edaran apapun tanpa sepengetahuan lurah dan camat.. itu kata ibu saya yah.. tapi setelah saya pindah dan berdomisili di luar daerah krn sya sudah menikah.. bener juga adaaa oknum rt yg ngk tau jadi rt siapa yg milih apa gimana udah gitu ada yg namanya iuran Rt.. emg cuman 10rb tapikan saya baru tau aja. Udah gitu ada pungutan untuk kartu warga. Dan semua ngk ada sepengetahuan lurah.. dan lucunyaa RT kok punya sekertaris kkwkwkkwkwkwkwkwkw ibu ku ketawa stgh mati org dia RT yaa RT aja mana ada sekertaris.. emng gubernurrr hahha

June 25, 2015 at 1:23 PM

Org tua saya RT juga tapi tidak ada yg namanya pungutan ato edaran apapun tanpa sepengetahuan lurah dan camat.. itu kata ibu saya yah.. tapi setelah saya pindah dan berdomisili di luar daerah krn sya sudah menikah.. bener juga adaaa oknum rt yg ngk tau jadi rt siapa yg milih apa gimana udah gitu ada yg namanya iuran Rt.. emg cuman 10rb tapikan saya baru tau aja. Udah gitu ada pungutan untuk kartu warga. Dan semua ngk ada sepengetahuan lurah.. dan lucunyaa RT kok punya sekertaris kkwkwkkwkwkwkwkwkw ibu ku ketawa stgh mati org dia RT yaa RT aja mana ada sekertaris.. emng gubernurrr hahha

February 7, 2016 at 7:51 AM

Pasal 20
Ayat (1)

Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Terdiri Dari;

Ketua
Sekretaris
Bendahara; dan
Bidang-bidang sesuai kebutuhan

February 17, 2016 at 8:01 AM

Apanya yg lucu kalau Ketua RT punya Sekretaris. Lo aja yg gk tau aturan. Lo baca PERMENDAGRI NO.5 THN 2007. Jgn asal comment lo.Dasar GOBLOK...

March 13, 2016 at 12:48 AM

namanya ketua rt itu punya sekretaris dan bendahara sesuai peemendagri no 5 thn 2014, sy ketawa jg kl ada orang yg belum tahu, mgkn tinggalnya di gunung jd ga tau, hahaha

March 13, 2016 at 12:53 AM

yang belum tahu rt punya swkretaris harus banyak bergaul, rt itu punya sk pengangkatan oleh lurah,dan lurah akan memberikan sk kl diajukan satu paket dengan sektetaris dan bendahara, lucu kl jaman modern gini org blm tahu kedudukan rt, kampungan banget

March 13, 2016 at 12:55 AM

pak victor coba maen ke kota jangan cuma diem di kampung

March 13, 2016 at 3:23 PM

rt/rw di pusat pemerintahan kec. garum. kel garum hanyalah hidup segan mati susah

March 14, 2016 at 1:04 AM

Ketua RT di kampungku jadi bulan2an dan cacian warganya.....krn dianggap tdk mampu.jadi ketua RT....kasihaaaan

July 21, 2016 at 3:45 AM

Untuk diketahui, Ketua rt dan rw, mendapatkan uang opersional dari pemda, yg besarnya bervariasi, sesuai kemampuan pemda. Mengenai iuran rt rw, bisa dijalankan setelah diadakan rapat pengurus rt dengan warga yg dihadiri oleh lebih separuh jumlah kepala keluarga atau yg mewkili. Dibuktikan dgn adanya absensi peserta rapat dan notulen hasil rapat. Dimana uang pungutan tidak boleh memberatkan warga dan telah disepakati jumlahnya, serta pengeluarannya adalah untuk kepentingan umum, misal retribusi sampah, keamanan(sekutity), iuran santunan kemalangan, kematian, dan lain lain.

August 11, 2016 at 2:15 PM

Apa batasan penggunaan uang operasional, apakah itu juga bisa di klaim sebagai gaji RT
Mohon masukannya
Tks

Anonymous
October 15, 2016 at 3:31 AM

permisi,selamat malam apakah masalah petugas keamanan juga bisa diselesaikan dengan RT dan RW ? begini gan saya ada masalah dengan petugas keamanan dekat rumah saya yang maslahnya cukup menyebalkan. dimulai beberapa bulan lalu sering asap rokok atau bakaran mereka masuk ke kamar saya yang bersebelahan dengan post mereka yang jaraknya sangat dekat (30+cm)perbedaannya saya tinggal di lantai 2 dan bersebelahan dengan post di lantai 1.saya sering peringatkan baik2 awalnya tapi di tanggapi dingin atau setelah saya berteriak2 baru di dengar malah saya sering di ejek gila .cukup menjengkelkan karena hal itu terjadi di jam2 malam seperti jam 12,1,2,atau jam 3 pagi. walaupun saya juga perokok saya juga tidak bisa tidur kalau ada asap atau bau rokok yang menyengat masuk kehidung saya. mohon tanggapanya gan.....

October 20, 2016 at 8:20 AM

Lapor ke RT RW atau kalau tidak ditanggapi juga laporkan ke Lurah

March 17, 2017 at 1:24 PM

Menurut saya jgn lakukan itu, bila atas inisiatif dari ketua RT, mengingat tugas ketua RT adalah tugas sosial dan ibadah

March 23, 2017 at 10:36 AM

Sumber keuangan rt sesuai dengan Permendagri Nomor 5 Tahun 2007 berasal dari bantuan pemerintah dan swadaya masyarakat yang sah. maksudnya ya kalau memang ada pungutan harus dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan warga setelah disetujui buatkan berita acara hasil musyawarah yang dtanda tangani oleh Ketua Rt dan perwakilan tokoh masyarakat serta perwakilan warga terus dimintakan persetujuan pada Lurah atau Kades setempat. setelah itu buatkan surat edaran tentang hasil musyawarah tentang pungutan ke warga yang memuat minimal siapa yang dikenai wajib iuran, besarannya/moninal, dan mulai berlakunya. Terus pendapatannya dibukukan dan dipertanggungjawabkan pada musyawarah warga RT tahunan.

April 8, 2017 at 11:17 AM

Yang seperti itu mungkin hanya di wilaah anda. Kalo di tempat sy tidak.

April 22, 2017 at 10:04 PM

Teman sy pernah. Di grebek dan dia di minta uang senilai satu juta apakah itu termasuk pungli apa memang wewenag dari pemerintah?? Mohon pnjelasannya terimakasih

May 3, 2017 at 8:39 PM

selamat malam barang kali ada yg lebih tau untuk penjelasan mengenai permasalahan ronda ?apakah wajib kah warga nya mengikuti ronda malam yg dijadwalkan oleh ketua rt dan bila mana warga tersebut tidak bisa mengikuti ronda di wajib kan bayar denda sebasar 20rb .dan berhak kah ketua rt untuk mencoret warga nya berkendudukan di daerah tersebut? mohon bantuan penjelasan dari agan2 terimakasih.

May 3, 2017 at 8:40 PM

selamat malam barang kali ada yg lebih tau untuk penjelasan mengenai permasalahan ronda ?apakah wajib kah warga nya mengikuti ronda malam yg dijadwalkan oleh ketua rt dan bila mana warga tersebut tidak bisa mengikuti ronda di wajib kan bayar denda sebasar 20rb .dan berhak kah ketua rt untuk mencoret warga nya berkendudukan di daerah tersebut? mohon bantuan penjelasan dari agan2 terimakasih.

May 17, 2017 at 11:21 PM

Saya mau tanya, apakah kita musti beli rumah dahulu di daerah tempat kita tinggal, supaya bisa pak rt membuat surat pengantar untuk pembuatan ktp. Kalau kita mengontrak hanya dibuatkan surat keterangan domisili. Sementara saya sudah punya surat pelepasan dari kantor catatan sipil negri asal yang di alamatkan ke kantor catatan sipil tempat saya tinggal sekarang. Apakah benar seperti itu mustinya tindakan pak rt. Terima kasih atas pendapatnya.

May 22, 2017 at 2:39 PM

Saya tinggal di Sby timur dan menjadi seksi ketentraman [keamanan] RT sekaligus RW.
RT jelas punya sekretaris, kalo tidak kerjaan numpuk soal surat menyurat. Hanya RT saja yg mendapat tunjangan dari Pemerintah, besarnya per 2017 ini ga sampai 500rb. Adalah tugas mulia dr RT dan kalau RT nya mau bekerja. Di RW saya mebawahi 13 RT dan banyak RT yg busuk juga, ga mau kerja dan morotin warganya. Maka dari itu bagi yg suka komplain soal RT dan RW, marilah kalian terjun dan buat perbedaan. Mencari RT sekarang susah, apalagi di perumahan orang berada. Ga ada yg mau jd RT karena kalo kerjanya bagus jarang yg muji tapi salah 1x di hujat habis habisan. Saya ajak semua yg masih muda utk bikin perubahan di wilayah masing2. Saya umur 34 waktu jd keamanan RT dan sdh 4 thn ini sekarang menjabat Keamanan dan Istri saya Bendahara serta sempat 2 thn jadi sekretaris Rt. di RW sdh 3thn jd keamanan RW juga. Semua tidak ada duitnya, tapi kalo wilayah anda aman dan nyaman anda sendiri yg untung. Selain saya percaya pahala itu ada, dari segi batin itu kepuasan yg ga bisa dibeli plus bonusnya adalah nilai sosial bahwa anda di segani dan di hormati oleh warga anda sendiri.
Untuk iuran warga rutin duitnya masuk ke kas RT utk membayar tenaga satpam, tenaga tukang sampah serta THR satpam dan sampah. Selain itu RT juga setor e RW agar RW juga dpt dana operasional utk membayar staff sekertaris RW yg tugasnya membantu surat menyurat warga serat RW juga kadang punya sekuriti sendiri.
Jalan2 di lingkunga yg belum diserahkan ke PEMKOT adalah milik lingkungan yg kadang sering di ambil dari kas RT/RW utk perbaikan jalan rusak maupun lampu2 jalan yg bukan milik PEMKOT.
semoga bermanfaat - dgn join ke RT RW anda baru tahu semua permasalahan dan jadi rem mulut agar janganlah dulu menghujat sebelum tau duduk permasalahannya. Dgn join di RT dan RW adalah bentuk pengabdian kpd negara

June 5, 2017 at 2:33 PM

sy setuju dengan penjelasan mas arek Band Suroboyo pekerjaan RT sangat mulia .....

June 6, 2017 at 8:13 AM

bagus-bagus, pengalaman memperkaya pengetahuan dan dapat menjadi referensi ditempat lain untuk diterapkan sesuai sosial budaya masyarakat setempat dan regulasi yang ada ( tidak boleh bertentangan regulasi/peraturan perundang-undangan).

Post a Comment
 
Copyright © 2011. TAMANPERSADA.COM - All Rights Reserved